Video Viral Banjir Bandang Cipanas di Cianjur Adalah HOAX

  • Whatsapp
Banjir Bandang Cipanas HOAX FB
Banjir Bandang Cipanas HOAX FB

CIKIJING.COM – Video Viral Banjir Bandang Cipanas di Cianjur Adalah HOAX Belum lama ini di media sosial viral sebuah video yang memperlihatkan bagaimana sebuah banjir bandang yang disebutkan di daerah Cipanas yang ada di Kabupaten Cianjur dan ternyata setelah dikonfirmasi oleh pihak BMKG, apabila berita tersebut adalah berita hoax alias berita bohong dari orang yang tidak bertanggung jawab. Berita banjir bandang Cipanas dengan video yang sangat mengerikan dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat suasana semakin keruh, padahal tidak ada sama sekali longsor di daerah Puncak Kabupaten Bogor ataupun banjir bandang Cipanas Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Video viral banjir bandang Cipanas dan juga longsor di Bogor dipastikan adalah video hoax dari orang yang tidak bertanggung jawab di mana menurut badan meteorologi klimatologi dan geofisika atau BMG daerah citeko Bogor, apabila video tersebut yang sekarang ini viral di media sosial WhatsApp dengan judul cipanas baru saja dilanda banjir bandang merupakan sebuah narasi bohong yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Banjir bandang Cipanas hoax

BMKG citeko Bogor langsung menanggapi video viral penampakan sebuah banjir yang diberikan judul ada di daerah cipanas Puncak yang ternyata apabila berita yang viral di Twitter sampai WhatsApp tersebut hanyalah video yang tidak bertanggungjawab dan dipastikan berita bohong dikarenakan tidak ada data dan fakta di lapangan.

Penjelasan BMKG

Asep Firman Ilahi kepala stasiun meteorologi citeko Bogor menegaskan jika video yang beredar luas di WhatsApp yang mengatakan jika terjadi banjir bandang di daerah Cipanas Cianjur adalah berita bohong dari orang yang tidak bertanggung jawab dikarenakan menurutnya, tidak ada data sama sekali terkait hal tersebut.

Malahan menurut Asep, berdasarkan data dan pengamatan cuaca dari BMKG untuk wilayah Puncak Bogor hanya hujan ringan dan hujan tercatat 5.8 mm sehingga tidak mungkin terjadi banjir bandang dikarenakan tidak ada hujan ekstrim lebih dari 30 mm per jam.

Himbauan BMKG

Melalui beberapa media online, pihak BMKG pusat dan BMKG daerah langsung memberikan himbauan untuk masyarakat supaya tetap tenang dan tidak panik dengan beberapa isu yang sekarang ini dihebohkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seperti salah satunya informasi video banjir bandang Cipanas dan dipastikan apabila video tersebut adalah hoax.

Video hoax banjir bandang Cipanas

Untuk kalian yang ingin mengetahui video hoax yang tersebar luas di whatsApp, maka silakan untuk melihat videonya berikut ini. Seperti diketahui apabila di dalam video bukankah banjir bandang di Cipanas, melainkan video tersebut adalah video banjir besar di Lebak Banten yang terjadi pada tanggal 1 Januari 2020 kemarin.

https://www.facebook.com/ALHIDAMARTCOM/videos/616009809203644/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *