Sindikat Pemalsuan Dokumen STNK Berhasil Diamankan Polres Majalengka

  • Share
Pemalsuan STNK Di Majalengka FACEBOOKjajasumarja
Pemalsuan STNK Di Majalengka FACEBOOKjajasumarja

CIKIJING.COM – Sindikat Pemalsuan Dokumen STNK Berhasil Diamankan Polres Majalengka Belum lama ini satuan reserse kriminal atau satreskrim Polres Majalengka berhasil membongkar pelaku sindikat pemalsuan dokumen STNK yang sangat meresahkan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Majalengka, dari pengakuan pihak Kepolisian, sudah banyak korban berjatuhan akibat ketidaktahuan mereka terkait dokumen asli dan palsu dari STNK yang dibuat oleh sindikat tersebut. Namun pada akhirnya, sindikat pemalsuan STNK yang ada di Kabupaten Majalengka berhasil diamankan oleh Polres Majalengka sehingga hal ini patut diapresiasi oleh masyarakat luas terkait adanya sindikat pemalsuan terhadap surat tanda nomor kendaraan.

Sindikat pemalsuan dokumen STNK yang ada di Kabupaten Majalengka memang sudah sangat meresahkan akan tetapi atas adanya beberapa laporan dari masyarakat yang langsung ditindak oleh Polres Majalengka, sindikat tersebut berhasil diamankan di mana terdapat dua pelaku yang berhasil di ciduk oleh pihak Kepolisian diantaranya Ujang Geri Supriatna pria berusia 43 tahun yang berasal dari desa sukamukti Kecamatan Cikijing dan pelaku selanjutnya adalah Suherman berusia 39 tahun yang turut diamankan oleh pihak kepolisian yang berasal dari desa Hegarmanah kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Kedua pelaku sindikat pemalsuan STNK ternyata sudah lama melakukan kegiatannya tersebut.

Sindikat pemalsuan STNK di Majalengka

Kedua tersangka yang berasal dari Kecamatan Cikijing dan juga Kecamatan Karang Tengah dipastikan nantinya dijerat dengan pasal 263 KUHP terkait pemalsuan dokumen dengan hukuman 6 tahun penjara.

Dari pengakuan Kapolres yaitu AKBP maryono kepada awak media seperti dikutip laman sindonews, pihak Polres Majalengka menemukan beberapa barang bukti dari tangan kedua pelaku diantaranya mengamankan puluhan kendaraan yang terdiri dari 13 motor dan 10 mobil dari berbagai merek perusahaan terkenal.

Selanjutnya pihak Kepolisian mengamankan beberapa surat kendaraan yang sudah dipalsukan dan seluruh barang bukti sudah diamankan di mapolres Majalengka yang selanjutnya untuk para pelaku akan ditindak karena perbuatannya sudah melakukan pemalsuan terhadap surat STNK.

Kedua pelaku dari pengakuan AKBP maryono, resmi ditangkap di kediaman mereka masing-masing hari Minggu 16 desember 2018 di lokasi yang berbeda, di mana untuk hujan ditangkap di rumahnya yang ada di Kabupaten Majalengka dan selanjutnya Suherman ditangkap di Cianjur.

Kasus pemalsuan STNK di Majalengka pertama kali dibongkar setelah salah seorang petugas melakukan penyelidikan pada salah satu mobil Mitsubishi Colt T120SS berwarna hitam yang selanjutnya ketika diminta STNK ternyata setelah dilakukan penyelidikan menggunakan STNK palsu setelah pihak kepolisian menggunakan aplikasi Sambara dan mobil tersebut tidak terdaftar secara resmi.

Setelah adanya beberapa barang bukti awal, petugas sat Reskrim Polres Majalengka lalu melakukan penyelidikan dan setelah dilakukan pengecekan terhadap seluruh surat kendaraan yang berada di tangan pelaku ternyata semuanya palsu.

Barang bukti yang diamankan Polres Majalengka

Sedikitnya ada 13 unit motor yang sudah diamankan oleh Polres Majalengka dan 10 mobil dengan menggunakan STNK palsu, selanjutnya ada 11 lembar STNK motor dan 4 essentra mobil yang dipalsukan untuk datanya bisa anda lihat di bawah ini!

Pemalsuan STNK Di Majalengka FACEBOOKjajasumarja1
Pemalsuan STNK Di Majalengka FACEBOOKjajasumarja1

Bukti 13 Unit Motor:

1. Yamaha Mio Soul 125 warna cokelat, E 2060 JK.
2. Honda Scoopy krem.
3. Honda Vario hitam E 6252 IX
4. Honda CB150R putih
5. Honda Vario 150 hitam
6. Honda Vario CBS 125 putih 
7. Honda Beat hitam
8. Honda Beat putih-merah
9. Honda Beat hitam E 5904 JI.
10. Honda Vario 150 putih-merah E 2692 UD.
11. Honda Vario 125 putih D 2135 VBM.
12. Yamaha Mio Z merah E 3390 UF.
13. Honda Vario 125 putih-hitam

Bukti 10 Mobil:

1. Suzuki Ertiga putih D 1045 ACP.
2. Suzuki Baleno hijau F 1353 AQ.
3. Toyota Corolla hijau B 2910 YR.
4. Daihatsu Grandmax hitam B 1849 NKT.
5. Daihatsu Grandmax hitam D 8139 XC.
6. Suzuki Pick Up Carry hitam
7. Daihatsu Pickup Grandmax hitam D 8756 XP.
8. Mitsubishi Colt Diesel kuning F 8626 WT.
9. Mitsubishi T120SS pikap hitamD-8209-ACD.
10. Daihatsu Xenia silver B 8545 YE.

Bukti STKN Palsu:

1. 11 lembar STNK kendaraan roda dua dan 4 STNK roda empat

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *