Sejarah Goa Jepang Majalengka Yang Bikin Kagum

  • Whatsapp
Goa Jepang Tonjong FB
Goa Jepang Tonjong FB

CIKIJING.COM – Sejarah Goa Jepang Majalengka Yang Bikin Kagum Majalengka adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat yang memang mempunyai beberapa spot wisata baik wisata alam, wisata keluarga, wisata kuliner, sampai wisata sejarah dan budaya. Salah satu lokasi yang ada di Kabupaten Majalengka dan sampai sekarang menjadi di lokasi yang penuh misteri dan berada di daerah Tonjong Kecamatan Majalengka bernama Goa Jepang Majalengka. Walaupun lokasi ini belum menjadi salah satu destinasi wisata akan tetapi jika digarap dengan baik oleh Pemkab Majalengka, maka dipastikan goa Jepang bisa menjadi salah satu wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Goa Jepang di Majalengka merupakan salah satu wisata sejarah dan budaya yang menurut kami sangat mengagumkan dikarenakan tempo dulu, goa tersebut digunakan oleh para penjajah asal Jepang untuk mengawasi kegiatan dan aktivitas pribumi agar tidak melawan mereka. Sehingga peninggalan Goa Jepang Majalengka sampai sekarang ini bisa dilihat dan terawat dengan baik, walaupun Sangat disayangkan terdapat beberapa tulisan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Read More

Wisata sejarah Goa Jepang Majalengka

Gua Jepang ini dikabarkan dibangun oleh pemerintah Belanda yang fungsinya sebagai area untuk memata-matai yang ada di Majalengka dan selanjutnya tentara Jepang menaikkan fungsi dari goa tersebut ketika mereka berkuasa di kota angin sebagai area mereka untuk penjajah yang ditakuti di lokasi tersebut sehingga walaupun dibuat oleh pemerintahan Belanda akan tetapi berhasil diduduki oleh Jepang, maka Goa tersebut sampai sekarang dikenal dengan Goa Jepang.

Lokasi Goa Jepang Majalengka

Untuk lokasi dari goa Jepang Majalengka yaitu beralamatkan di jalan raya kH Abdul Halim nomor 403, desa Tonjong, kecamatan Majalengka, kabupaten Majalengka, provinsi Jawa Barat, dengan kode pos 45411.

Lokasi Google Map Goa Majalengka

Untuk kalian semua yang ingin mengetahui terkait lokasi dari Google Map doa Jepang yang ada di Kabupaten Majalengka, maka silakan untuk mengikuti dan melihat google Map berikut ini.

Sejarah goa Jepang Majalengka

Goa Jepang di Majalengka yang mempunyai bentuk seperti bunker ternyata dibangun ketika masa kolonial Belanda dan di lokasi ini berada di area tepi saluran irigasi cibudug dan persis di sebelah markas Kodim 0617 Majalengka yang sampai sekarang ini dikenal dengan sebutan 2 Jepang.

Dalam sejarah tercatat apabila waktu itu, sebuah pemberontakan dan pergolakan politik masyarakat yang ada di Majalengka sedang berdebu sehingga tidak heran apabila selanjutnya pemerintah Belanda memperketat pengawasan kepada masyarakat majalengka terutama untuk masalah politik dan akhirnya pada tahun 1923, belanda mendirikan Tangsi militer dan selanjutnya Mereka pun membangun bunker yang mempunyai tujuan untuk mengawasi aktivitas masyarakat yang ada di Kabupaten Majalengka.

Di dalam bunker yang sekarang dikenal sebagai Goa Jepang Majalengka mempunyai 2 buah dan masing-masing lengkapi 2 pintu dan untuk ukuran bunker sendiri yaitu 5×5 m dan ada sekat pemisah untuk ke 2 pintu. Selanjutnya ketika kolonial Belanda hilang dari Indonesia dan dilanjutkan di masa penjajahan Jepang, ternyata bunker bekas buatan Belanda tersebut digunakan oleh penjajah Jepang untuk kepentingan perang Asia Pasifik yang waktu itu sedang berkecamuk.

Sehingga ketika masa kependudukan Jepang, goa tersebut bukan hanya dijadikan sebagai area untuk memata-matai masyarakat Majalengka, akan tetapi dijadikan untuk menyimpan senjata dan menahan tawanan perang.

Selanjutnya ketika Para penjajah Belanda mengetahui apabila lokasi yang mereka buat dipakai oleh Jepang untuk menahan pejuang nasional, goa tersebut sempat diserang oleh Belanda dan momen tersebut menjadi salah satu bukti adanya perjuangan masyarakat Majalengka untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Selanjutnya setelah bunker Goa Jepang terbebas dari penjajah Belanda dan Jepang, sekarang ini bunker tersebut pernah direnovasi dengan menambahkan material batu supaya memperkuat pondasi akan tetapi hal tersebut ternyata malah mengubah bentuk asli dari banker.

Selanjutnya yang paling disayangkan, goa Jepang Majalengka mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari tangan yang tidak bertanggung jawab yaitu dengan merusak seperti menuliskan beberapa tulisan di dinding goa dan termasuk vandalisme yang sangat tidak baik. Padahal, sudah seharusnya bunker Goa Jepang Majalengka diresmikan sebagai cagar budaya dan diajukan kepada kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Foto bunker Goa Jepang Majalengka

Setelah kalian mengetahui sejarah Dari Goa Jepang Majalengka, maka di bawah ini adalah beberapa foto yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terkait penampakan goa Jepang yang ada di Kabupaten Majalengka.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *