PERISTIWA

Sampai Hari Ini Puncak Gunung Ciremai Masih Terbakar

CIKIJING.COM – Sampai Hari Ini, Puncak Gunung Ciremai Masih Terbakar Seperti diketahui apabila pada hari Rabu, 7 Agustus 2018 yang lalu beberapa titik yang ada di kawasan sekitar Puncak Gunung Ciremai dilaporkan mengalami kebakaran dimana tim bPBD kabupaten Kuningan langsung melakukan pendataan terkait beberapa titik api yang ada ada di puncak gunung Ciremai. Dari penelusuran kami seperti diungkapkan pihak BPBD apabila kebakaran yang paling parah terjadi di blok Goa walet tepatnya di kawasan Puncak Gunung Ciremai yang semakin meluas sampai 300 hektar.

Puncak gunung Ciremai terbakar menjadi salah satu informasi yang saat ini jadi perbincangan netizen di media sosial di mana kebakaran di Gunung Ciremai ini bisa diakibatkan karena kondisi angin yang saat ini sudah kencang dan juga banyaknya semak belukar yang gampang terbakar sehingga membuat api mudah menyebar ada sampai saat ini pihak terkait sedang mendalami penyebab terjadinya kebakaran di Gunung Ciremai.

Gunung Ciremai Kebakaran

Di dalam kebakaran tersebut dari pengakuan BPBD atau tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan Jawa Barat, selain akan terus melakukan pemadaman api merekapun saat ini sedang fokus untuk menolong beberapa pendaki yang belum semuanya bisa turun ke bawah.

Badan Nasional penanggulangan bencana saat ini sudah mengirimkan sebanyak 2 helikopter jenis bell supaya bisa mengatasi kebakaran di Gunung Ciremai Jawa Barat, dimana untuk 1 helikopter sudah mendarat di Bandar Udara Cirebon dan untuk helikopter lainnya sudah mendarat di Kabupaten Kuningan jawa Barat.

Dari pengakuan PLH kepala pusat data informasi dan humas BNPB yaitu bapak Agus Wibowo apabila pemadaman akan dilakukan dengan cara pengeboman air atau water bombing dengan melihat kondisi cuaca terlebih dahulu dan hal ini bisa dilakukan pada malam hari.

Pesawat terbang yang sudah disiapkan untuk melakukan water bombing nantinya akan mengangkut air di dalam ember khusus sebanyak 1000 liter dan untuk landing kapal terbang nya sendiri bertempat di palutungan dan lapangan bola Cigugur dan selanjutnya air diambil dari Waduk Darma.

Sampai berita ini diturunkan, kebakaran di Gunung Ciremai masih menyala dan menyebar ke arah timur di atas block Sanghyang Ropoh dengan ketinggian mencapai 2667 meter DPL dan telah melintasi jalur pendakian patulungan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka sendiri belum lama ini langsung mengeluarkan surat keputusan resmi soal tanggap darurat kebakaran Gunung Ciremai terhits tanggal 8 Agustus 2019 sampai tanggal 14 Agustus 2019 yang akan datang.

Personil tim gabungan terbagi atas dua wilayah dalam rangka untuk memadamkan api di Gunung Ciremai diantaranya di daerah pos Apuy di palutungan dan selanjutnya di pos linggasana, tercatat sebanyak 104 personil dari pihak BPBD Majalengka, tNI Polri, taman Nasional Gunung Ciremai, MPGC Apuy, selanjutnya MPGC Sanghyang, masyarakat dan beberapa sukarelawan dan sisanya sebanyak 12 personil sudah diberangkatkan dari pos linggasana.

https://www.facebook.com/ALHIDAMARTCOM/videos/485494255573083/?__xts__%5B0%5D=68.ARBiGOTOzfAeTIe3dVrw6pXa_vn4PwZl2rHIT0OaURRro8SMcLE2ljG4VEmbQJpy-cMg1L7R_sW9I76k_AJjoyCXL1_2A1MfpRwg1JpCA7Q0A-4OlWmPpkoLKtSf0MX1Ezuq_pSs7-GLqU3Sx4VsWJ0wX9wYL0tix2QvVu6vGMxFPk5Tzk4ppnkzWyAbycCtE9we6V10xdXdeTeYXBuSuZrI4WveArBrcns4OByopSAtCVIVjTeWSEJf-HZBjmjAUgdfPwQ5vom3IAM594p-blonXdAyqtBydKClSfFt37IDVarvJELrPNAfB6pefRIO47jWOaYly5MN6C8&__tn__=-R

Semoga kebakaran yang terjadi di puncak gunung Ciremai bisa secepatnya diatasi dan tidak menyebar ke beberapa lokasi lain supaya lokasi tersebut bisa kembali dibuka untuk dijadikan tempat wisata dan tempat pendakian.

LANGIT

Bagaikan LANGIT yang Biru memberikan kesejukan bagi umat manusia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

SILAHKAN MATIKAN PLUGIN BLOKIR ANDA, TERIMA KASIH