Rumah Warga di Kecamatan Bantarujeg Tertimpa Longsor

  • Whatsapp
Longsor Di Desa Gunung Larang Bantarujeg FB
Longsor Di Desa Gunung Larang Bantarujeg FB

CIKIJING.COM – Rumah Warga di Kecamatan Bantarujeg Tertimpa Longsor Belum lama ini salah satu rumah yang ada di kecamatan Bantarujeg kabupaten Majalengka, tepatnya di blok desa Gunung Larang kembali tertimpa musibah yaitu satu rumah warga mengalami rusak parah akibat tertimbun material longsor yang terjadi pada Selasa sore 21 Januari 2020. Kabar yang kami dapatkan, apabila longsor di kecamatan bantarujeg tersebut dikarenakan guyuran hujan yang terus-menerus selama 3 jam, sehingga mengakibatkan hal tersebut terjadi.

Longsor di bantarujeg 2020 memang masih terjadi dimana satu rumah asal warga di blok Desa Gunung Larang mengalami kejadian yang memprihatinkan tersebut, di mana rumah yang ia tempati harus tertimbun material longsor pada Selasa kemarin. Hujan yang terus mengguyur selama 3 jam lebih mengakibatkan tebing dengan ketinggian 10 m langsung runtuh dan akhirnya menimpa di bagian dapur rumah yang dimiliki oleh Bapak Hasanuddin.

Read More

Longsor Bantarujeg 2020

Dalam kejadian longsor di Bantarujeg tersebut, dikabarkan tidak ada korban jiwa akan tetapi untuk kerugian diperkirakan mencapai 10 juta dan selanjutnya, ketika masih ada longsor di kecamatan Bantarujeg pihak BPBD Majalengka yang bekerjasama dengan pemerintah Desa setempat, puskesmas, dan PUTR, langsung meninjau dan memberikan upaya penanggulangan bencana di blok Desa Gunung Larang RT 01 RW 02 Kecamatan Banten.

Penjelasan BPBD Majalengka

Menurut Agus Permana selaku kepala Badan pelaksana BPBD Majalengka, jika pihaknya dibantu beberapa pihak termasuk masyarakat setempat sudah melakukan pembersihan material longsor, melakukan pemotongan pohon yang mempunyai potensi tambang, pengendapan tanah dengan menggunakan plastik dan selanjutnya menutupi rapatkan tanah dan Hal ini dilakukan supaya longsor tidak kembali terjadi.

Menurut Agus Permana, semenjak hujan yang terus mengguyur di beberapa wilayah yang ada di kecamatan Bantarujeg kabupaten Majalengka, sudah terjadi 7 peristiwa yang beruntun diantaranya adalah banjir, abrasi, jembatan yang mengalami putus, dan beberapa bahu Jalan terkikis banjir.

Area Desa Gunung Larang Yang Memang Rawan

Terutama masalah ini terjadi di Desa Gunung Larang yang wilayahnya sendiri menurut Agus tebing-tebing berjurang, maka perlu dibutuhkan saluran air dan dibuatkan drainase yang memang bagus dan untuk masalah tersebut sudah Agus sampaikan kepada kepala desa tersebut.

Selanjutnya untuk menanggulangi bencana longsor di kecamatan Bantarujeg, pihak BPBD Majalengka sudah memberikan banyak sekali informasi untuk seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Majalengka supaya memberikan himbauan kepada ada aparat pemerintahan daerah supaya ya bisa melakukan penanggulangan bencana yang ada di Majalengka dengan tujuan memberikan kenyamanan pada masyarakat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *