Rangginang Mitoha Jatitujuh-Majalengka Disukai Banyak Orang Sampai Luar Negeri

  • Whatsapp
Rangginang Mitoha Majalengka GOOGLE
Rangginang Mitoha Majalengka GOOGLE

CIKIJING.COM – Rangginang Mitoha Jatitujuh-Majalengka Disukai Banyak Orang Sampai Luar Negeri Salah satu jajanan yang ada di Majalengka yang ternyata bukan hanya disukai masyarakat asli Majalengka, akan tetapi sudah banyak dibeli oleh masyarakat yang ada di Indonesia, malahan sudah sampai ke luar negeri dan bisa menjadi salah satu komoditas yang seharusnya diperhatikan oleh pemerintah setempat, yaitu Rangginang Mitoha. Jenis jajanan yang terbuat dari beras ketan tersebut, memang menjadi salah satu makanan yang murah meriah akan tetapi sangat enak, sehingga tidak salah apabila masyarakat di Majalengka sangat menyukai rangginang mitoha ini.

Rangginang Mitoha yang berasal dari salah satu desa di Kecamatan Jatitujuh yaitu desa Jatiraga, ternyata sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara dan kabarnya beberapa daerah di Indonesia pun sudah pernah merasakan bagaimana rasanya rangginang mitoha atau di dalam bahasa Sunda sering disebut raginang mitoha. Makanan ini memang untuk pembuatannya sangat simpel dan tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak dikarenakan terbuat dari beras ketan dan beberapa bahan pelengkap lain, akan tetapi raginang mitoha yang dibuat oleh warga desa jatiraga mempunyai rasa istimewa dan sudah dilakukan pembuatannya turun-temurun sampai sekarang ini.

Rasanya yang gurih dan nikmat, membuat siapapun yang memakannya dan berada jauh dari Majalengka akan merasakan rasa rindu untuk selalu mengingat kota kelahirannya. Sehingga tidak salah apabila secara online penjualan rangginang mitoha terbilang sangat bagus.

Rangginang Mitoha Majalengka Facebook
Rangginang Mitoha Majalengka Facebook

Pemilik merek rengginang mitoha seperti dikutip dari laman tintahijau adalah warga bernama Edi Junaedi asal desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka. Edi menegaskan apabila hasil karyanya ini, sampai sekarang bukan hanya dijual ke berbagai pelosok di tanah air akan tetapi sudah dijual ke empat negara diantaranya adalah negara Belanda, jepang, inggris, sampai negara Swiss.

Walaupun menurut Edi apabila rengginang mitoha memang belum bisa membuka pasar di luar negeri, akan tetapi pesanan sementara adalah dari warga asal Indonesia yang selanjutnya bermukim di negara tersebut lalu memesan produk yang ia miliki, sehingga raginang mitoha pun langsung go internasional.

Edi menegaskan, untuk penjualan rangginang mitoha di dalam negeri sendiri ternyata sangat disukai dikarenakan raginang mitoha ini bukan hanya disukai oleh warga Jawa Barat dan Tangerang maupun Jakarta, akan tetapi beberapa daerah di Pontianak, Padang, sampai Papua ternyata pernah memesan Rangginang Mitoha.

Rangginang Mitoha Majalengka Facebook 1
Rangginang Mitoha Majalengka Facebook 1

Omset Rangginang Mitoha Majalengka dari pengakuan bapak Edi untuk seminggu bisa mencapai 800 pcs sampai 1000 pcs malahan menurutnya bisa sampai lebih. Ketika ditanyakan oleh awak media terkait kapan usahanya tersebut dirintis, Edy menjawab apabila usaha rangginang mitoha ia rilis semenjak Idul Fitri 2017 yang lalu di mana kata mitoha atau dalam bahasa Indonesia artinya mertua merupakan sebuah inspirasi dari Edi dikarenakan orang tua dari sang istri tercinta di desanya menjadi salah satu pembisnis rumahan rengginang yang sukses dan terkenal.

Untuk pembuatan rengginang mitoha memang masih menggunakan cara konvensional akan tetapi hasilnya luar biasa, karena menghasilkan rasa original. Sampai saat ini, Edi terus melebarkan sayap penjualan Rangginang Mitoha melalui beberapa toko online baik ia jual di Tokopedia sampai Bukalapak dengan menjual rengginang mitoha mentah supaya mencegah rengginang Remuk Saat sampai di rumah pembeli.

Bagi masyarakat yang ada di desa jatiraga Kecamatan Jatitujuh kabupaten Majalengka, rengginang mitoha memang sudah sangat terkenal dikarenakan mempunyai rasa yang sangat unik dan berbeda dengan raginang yang lain dan untuk harganya terbilang murah meriah.

Harga Rangginang Mitoha Majalengka

Untuk harga jual rengginang mitoha yaitu untuk 1 pak ada 2 varian harga untuk isi 20 rangginang mitoha siap makan dijual sekitar Rp30.000, untuk isi 10 rengginang mitoha dijual sekitar Rp15.000.

Selanjutnya untuk Harga Rangginang Mitoha mentah yang dijual di pulau jawa untuk 1 kg yaitu Rp55.000 dan untuk luar Jawa dijual sekitar Rp60.000.

Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan Rangginang Mitoha asal Majalengka maka tidak ada salahnya untuk melihat produksi rumahan tersebut yang berada di Blok Senin, RT 01 RW 01, Desa Jatiraga, kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *