Puncak Musim Hujan di Majalengka Sudah Mulai, BMKG Meminta Waspada

  • Whatsapp
Puncak Musim Hujan Di Majalengka FB
Puncak Musim Hujan Di Majalengka FB

CIKIJING.COM – Puncak Musim Hujan di Majalengka Sudah Mulai, BMKG Meminta Waspada Belum lama ini BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan himbauan apabila di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Majalengka saat ini sedang memasuki Puncak musim penghujan dikarenakan seiring dengan Tingginya tingkat curah hujan yang dipastikan akan hadir pada beberapa wilayah yang ada di kabupaten tersebut maka pihak BMKG pun langsung memberikan himbauan supaya masyarakat yang ada di sekitaran Majalengka supaya lebih Waspada dan lebih berhati-hati dengan puncak musim hujan tersebut.

Puncak musim hujan di Majalengka dipastikan sudah memasuki sehingga pihak BMKG memberikan himbauan supaya seluruh masyarakat tetap Waspada. Dari pengakuan ahmad faizin prakiraan cuaca Stasiun BMKG jatiwangi, apabila untuk Puncak musim hujan di Kabupaten Majalengka yaitu pada bulan pertengahan Januari dan akhir Februari 2019 yang akan datang sehingga dengan adanya himbauan ini, bagi masyarakat yang akan bepergian supaya tetap Waspada dikarenakan intensitas curah hujan dipastikan akan sangat lebat.

Puncak musim hujan di Majalengka

Faiz menegaskan apabila intensitas curah hujan yang nantinya akan terjadi termasuk kategori tinggi di beberapa wilayah Majalengka yaitu mencapai 300 mm per bulan dan hal ini khusus bagi wilayah Majalengka yang ada di bagian Selatan dikarenakan dekat dengan pegunungan maka curah hujan akan semakin lebat berbeda dengan beberapa wilayah lainnya yang ada di Majalengka.

Namun menurut Faiz apabila curah hujan di wilayah Majalengka dipastikan akan tetap masuk dalam kategori tinggi sehingga hal ini harus diwaspadai dikarenakan Puncak musim hujan mempunyai intensitas tinggi dan juga lama. Untuk trend hujan yang lebat kemungkinan besar mulai reda pada pertengahan bulan Februari 2019 yang akan datang sehingga hal ini menjadi peringatan dini bagi masyarakat.

Apabila melihat peta umum Puncak musim hujan di Majalengka walaupun nantinya mempunyai curah yang sangat tinggi dan bisa berdampak dengan hal yang kurang baik seperti bencana alam seperti bisa saja terjadi di beberapa daerah akan terjadi banjir longsor sampai pergerakan tanah.

Dari catatan yang diperoleh BMKG bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Majalengka apabila kabupaten Majalengka merupakan salah satu daerah yang ada di Jawa Barat yang memang tergolong rawan bencana alam dikarenakan kondisi geografis dipenuhi perbukitan dan juga dataran tinggi sehingga hal ini menjadi potensi terhadap rawan bencana alam.

Dari pengakuan indrayanto selaku kepala bidang rehabilitasi dan rekonstruksi kabupaten Majalengka melalui siaran pers mengatakan apabila tipologi Majalengka merupakan wilayah utara termasuk dataran rendah dan untuk wilayah Selatan dataran tinggi.

BPBD dan BMKG Majalengka langsung mengimbau dan memberikan peringatan kepada masyarakat Majalengka terkait Puncak musim hujan di Majalengka supaya tetap waspada terutama bagi anda semua yang berada di daerah rawan bencana alam baik longsor banjir sampai pergerakan tanah dimana seperti pada pembahasan kami selanjutnya ada sekitar 19 Kecamatan di Majalengka yang semuanya terindikasi berpotensi terhadap musibah pergerakan tanah terutama di musim penghujan ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *