Jadwal Pilkades di Majalengka Diikuti 127 Desa

  • Share
Jadwal Pilkades Di Majalengka
Jadwal Pilkades Di Majalengka

CIKIJING.COM – Jadwal Pilkades di Majalengka Diikuti 127 Desa Sebanyak 127 desa yang ada di Kabupaten Majalengka provinsi Jawa Barat dipastikan dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pemilihan kepala desa atau Pilkades dimana kegiatan ini akan dilakukan secara serentak dan untuk rencana pemilihan Kuwu tersebut yaitu akan berlangsung pada bulan Mei 2021 yang akan datang.

Jadwal Pilkades di Majalengka yang diikuti sebanyak 127 desa dipastikan akan berlangsung secara serentak dan untuk rencananya pemilihan kepala desa atau pemilihan Kuwu akan digelar pada pertengahan tahun 2021 dan hal ini sudah sesuai dengan kesepakatan dan juga pihak terkait masih menunggu surat keputusan atau SK Bupati Majalengka.

Harus anda ketahui Untuk persyaratan mendaftarkan diri menjadi kepala desa atau Kuwu mereka yang sudah mempunyai KTP tetap, sekolah lulusan SD atau MTS dan selanjutnya mendaftarkan diri kepada pihak terkait dan sampai saat ini, pendaftaran Kuwu masih dibuka di di desa masing-masing.

Jadwal Pilkades Di Majalengka IGdodi Maulana
Jadwal Pilkades Di Majalengka IGdodi Maulana

Kepala bidang pemerintahan desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa atau DPMD kabupaten Majalengka yaitu bapak Bani Fadilah Ranandar mengatakan kepada awak media walaupun dipastikan Pilkades serentak waktunya sudah sangat dekat Hanya tinggal menunggu beberapa bulan lagi, namun sampai saat ini pihaknya belum memperoleh kepastian waktu pelaksanaan dikarenakan pihaknya masih menunggu SK Bupati Majalengka.

Jadwal Pilkades di Majalengka

Untuk jadwal pemilihan kepala desa atau biasa dikenal pemilihan Kuwu dipastikan akan berlangsung secara serentak yaitu pada tanggal 22 Mei 2021.

Maka sangat recommended bagi kalian yang ingin mendaftarkan menjadi calon kepala desa untuk langsung mendaftarkan diri kepada pihak terkait dikarenakan untuk jadwal penutup masih lama.

Sumber dana Pilkades

Edi karsidi selaku ketua komisi 1 DPRD kabupaten Majalengka mengatakan untuk masalah sumber dana Pilkades berdasarkan Permendagri nomor 72 tahun 2020 di sana dijelaskan, apabila sumber dana Pilkades berasal dari APBD Kabupaten dan berasal dari apbdes.

Selanjutnya menurut Edi karsidi apabila dalam pelaksanaan masih ada sumber lain seperti misalnya mengutip dari pihak ketiga apalagi dari para calon kepala desa, maka hal tersebut adalah penyimpangan.

Dirinya meminta kepada seluruh pihak untuk melaksanakan aturan yang sudah dibuat dan selanjutnya ia akan mendesak kepada Pemkab Majalengka supaya bisa mengcover seluruh biaya Pilkades yang akan berlangsung di bulan Mei 2021 yang akan datang dan selanjutnya, apabila ada kekurangan maka bisa ditanggung oleh APBD desa.

Pemilihan kepala desa saat covid-19

Ketua komisi 1 DPRD kabupaten Majalengka memberikan penegasan kepada seluruh pihak supaya di saat pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak maka harus menerapkan protokol kesehatan supaya tidak sampai terjadi adanya Cluster Pilkades dan juga, pesta rakyat ini dapat berlangsung dengan aman dan tertib.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *