PERISTIWA

Gerhana Matahari Total Hari Ini 2 Juli 2019

CIKIJING.COM – Gerhana Matahari Total Hari Ini 2 Juli 2019 Pada hari ini, 2 Juli 2019 di beberapa negara sedang ada gerhana matahari total akan tetapi di Indonesia sendiri menurut badan meteorologi klimatologi dan geofisika atau BMKG dipastikan jika gerhana matahari total hari ini, dipastikan tidak akan ada dan tidak bisa teramati di Indonesia, sehingga dengan adanya pemberitahuan dari pihak BMKG tersebut maka gerhana matahari total pada hari Selasa ini tidak ada di Indonesia.

Gerhana matahari total yang terjadi di beberapa negara pada hari Selasa 2 Juli 2019 dipastikan tidak ada di Indonesia Hal ini seperti diungkapkan oleh kepala pusat seismologi teknik geofisika yaitu Bambang Setyo Prayitno kepada awak media pada hari Senin malam 1 Juli 2019. Melalui pemberitahuannya tersebut, apabila gerhana matahari total yang terjadi hari ini hanya melintas di Samudra Pasifik di bagian Selatan, bagian tengah, dan negara Argentina.

Gerhana Matahari Total

Bambang Setyo Prayitno selaku kepala pusat seismologi teknik geofisika potensial dan tanda waktu BMKG menegaskan apabila gerhana matahari total yang terjadi pada hari ini hanyalah gerhana matahari sebagian yang hanya dilihat di sebagian besar Samudra Pasifik dan Amerika Selatan bagian barat.

Untuk waktu gerhana matahari tersebut dimulai pada jam 16.55.13 UTC di Indonesia sendiri menunjukkan sekitar jam 23.55.13 WIB. Selanjutnya gerhana matahari total dimulai pada tanggal 3 Juli 2019 dan puncaknya terjadi pada jam 02.22.57 WIB.

Dikarenakan gerhana matahari total yang saat ini sedang terjadi tidak bisa dilihat dari Indonesia maka dipastikan gerhana ini bukan gerhana untuk wilayah Indonesia. Gerhana matahari total yang terjadi kali ini, terjadi saat bulan bisa menutupi matahari secara keseluruhan dan bisa mengakibatkan terlihatnya korona matahari atau yang biasa dikenal sebagai lapisan terluar pada struktur matahari.

Dari keterangan Imam Fathurrahman selaku kepala bidang data dan informasi dari BMKG memberikan penegasan, jika gerhana matahari total pada bulan Juli 2019 ini dipastikan tidak ada di Indonesia dikarenakan memang tidak terjadi di langit Indonesia, Sehingga bagi masyarakat harus lebih pintar terkait fenomena alam tersebut dan dipastikan apalagi bila gerhana hari ini bukan ada di Indonesia melainkan hanya terjadi di beberapa wilayah di negara lain.

LANGIT

Bagaikan LANGIT yang Biru memberikan kesejukan bagi umat manusia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

SILAHKAN MATIKAN PLUGIN BLOKIR ANDA, TERIMA KASIH