PERISTIWA

Fakta Bencana Alam di Majalengka Sepanjang Bulan Januari 2020

CIKIJING.COM – Fakta Bencana Alam di Majalengka Sepanjang Bulan Januari 2020 Kabupaten Majalengka yang menjadi salah satu kabupaten terbesar yang ada di Jawa Barat ternyata di tahun 2020 tepatnya di bulan Januari, beberapa Kecamatan terjadi bencana alam dan sedikitnya tercatat 71 warga yang ada di Kabupaten Majalengka resmi terdampak bencana alam sepanjang bulan Januari 2020 kemarin. 71 warga yang terdampak bencana berasal dari sekitar 24 kepala rumah tangga dan dari seluruh jumlah diatas, sebanyak 11 orang harus mengungsi dari kediamannya.

Dari berbagai sumber yang kami rangkum, terdapat beberapa fakta bencana alam di Majalengka sepanjang bulan Januari 2020 yang lalu dimana hal ini membuat Sejumlah warga harus kehilangan rumah dan ada yang sampai mengungsi dan pastinya hal ini harus menjadi kewaspadaan tersendiri bagi masyarakat di Kabupaten Majalengka yang lokasinya suka terdampak dengan bencana alam baik banjir sampai longsor.

Fakta bencana alam di Majalengka

Seperti dikutip dari berbagai sumber apabila di bulan Januari 2020 beberapa masyarakat yang ada di Kabupaten Majalengka terlanda bencana seperti bencana banjir sampai longsor.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Majalengka, bencana alam yang paling banyak akibat tanah longsor dan banjir.

Bencana longsor

Di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Majalengka terdapat 15 kejadian untuk longsor yang mengakibatkan sejumlah rumah tertimbun dan terdapat beberapa warga yang harus mengungsi.

Bencana banjir

Terdapat dua kali kejadian untuk bencana banjir yang ada di Kabupaten Majalengka, walaupun di sejumlah daerah banjir tidak begitu parah namun di beberapa daerah lain banjir merusak beberapa rumah hunian baik rusak ringan sampai rusak berat.

Cuaca ekstrem

Sepanjang bulan Januari 2020 terdapat beberapa daerah yang ada di Kabupaten Majalengka yang mengalami cuaca ekstrem dan kasusnya Terdapat 4 kali.

Kecamatan yang terdampak bencana

Di bawah ini adalah beberapa daftar Kecamatan yang terdampak bencana baik banjir maupun di bulan Januari 2020:

  1. Kecamatan Kertajati
  2. Kecamatan Sumberjaya
  3. Kecamatan Jatiwangi
  4. Kecamatan palasah
  5. Kecamatan Leuwimunding
  6. Kecamatan Kadipaten
  7. Kecamatan cigasong
  8. Kecamatan Panyingkiran
  9. Kecamatan Sukahaji
  10. Kecamatan sindangwangi
  11. Kecamatan Rajagaluh
  12. Kecamatan Sindang
  13. Kecamatan Maja
  14. Kecamatan Bantarujeg
  15. Kecamatan Talaga
  16. Kecamatan malausma

Jumlah korban jiwa

Seperti dikutip dari laman Republika, untuk korban jiwa akibat bencana alam di Kabupaten Majalengka yaitu sebanyak 71 warga dengan rincian 59 warga menderita dan 11 warga harus mengungsi dan dikabarkan 1 warga meninggal dunia.

Kecamatan rawan longsor

Dibawah ini adalah daftar terbaru beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka yang daerahnya rawan longsor di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kecamatan Lemahsugih
  2. Kecamatan Bantarujeg
  3. Kecamatan malausma
  4. Kecamatan Cikijing
  5. Kecamatan cingambul
  6. Kecamatan Talaga
  7. Kecamatan Argapura
  8. Kecamatan Banjaran
  9. Kecamatan Maja
  10. Kecamatan cigasong
  11. Kecamatan Rajagaluh
  12. Kecamatan Sukahaji
  13. Kecamatan Panyingkiran
  14. Kecamatan Leuwimunding.

Menurut Agus Permana selaku kepala pelaksana BPBD kabupaten Majalengka apabila daerah di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka yang terkena rawan bencana longsor merupakan daerah yang masuk kelas bahaya sedang dan patut untuk diwaspadai dan ia pun menghimbau kepada masyarakat, dikarenakan musim hujan akan terus ada sampai bulan Februari 2020 untuk selalu waspada dan berhati-hati.

LANGIT

Bagaikan LANGIT yang Biru memberikan kesejukan bagi umat manusia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

SILAHKAN MATIKAN PLUGIN BLOKIR ANDA, TERIMA KASIH