Dana Relokasi Korban Pergerakan Tanah di Lemahsugih Disiapkan Pemda Majalengka

  • Share
Pergerakan Tanah Di Lemahsugih FB
Pergerakan Tanah Di Lemahsugih FB

CIKIJING.COM – Dana Relokasi Korban Pergerakan Tanah di Lemahsugih Disiapkan Pemda Majalengka Kepada awak media belum lama ini, Bupati Majalengka yaitu bapak Karna Sobahi, langsung memberikan penjelasan apabila Pemda Majalengka memberikan penegasan dan himbauan, supaya seluruh korban pergerakan tanah yang ada di Kecamatan Lemahsugih, tepatnya di blok Gunungsereh, Desa Sinargalih, sebaiknya harus direlokasi dikarenakan sangat berbahaya dan intensnya pergerakan tanah yang terus terjadi.

Pemda Majalengka dipastikan sudah mempersiapkan dana relokasi bagi seluruh korban pergerakan tanah di Lemahsugih yang menjadi salah satu bencana yang saat ini dihadapi beberapa titik di Kecamatan Lemahsugih. Hal ini pastiny menjadi tanggung jawab Pemda Majalengka untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat setempat dan pastinya supaya terhindar dari beberapa hal yang tidak diharapkan akibat pergerakan tanah tersebut.

Pergerakan Tanah di Lemahsugih

Bupati Karna Sobahi kepada awak media menegaskan, apabila pemerintah daerah akan mengalokasikan dana untuk merelokasi seluruh korban yang rumahnya benar-benar hancur apalagi pemda Majalengka belum lama ini resmi menerima hasil PVMB atau pusat vulkanologi dan mitigasi bencana dari badan geologi Provinsi Jabar, jika tanah di desa mekarmulya tidak dapat dijadikan pemukiman kembali dikarenakan tanahnya kian hari semakin bergeser dan berbahaya.

Dari beberapa pengakuan korban bencana pergerakan tanah yang ada di Kecamatan Lemahsugih, masyarakat sangat mengharapkan apabila relokasi harus difasilitasi oleh Pemda Majalengka dan mereka berharap untuk kepindahan masyarakat masih tetap di desa yang sama dan tidak jauh.

Hal Senada diungkapkan oleh Bupati Majalengka, apabila Pemerintah desa sudah melakukan koordinasi terkait masalah relokasi dan sekarang ini sedang melakukan pencarian lahan yang nantinya akan menjadi tempat sementara masyarakat yang terkena pergerakan tanah untuk ditempati.

https://www.facebook.com/teh.nok.12/posts/734677866934142

Sampai berita ini diturunkan, pencarian tempat yang memang benar-benar bagi masyarakat yang terdampak bencana pergeseran tanah masih terus dilakukan dan apabila sudah didapatkan maka Pemda Majalengka akan langsung melakukan pengkajian terkait aturan dan juga teknis pemberian bantuan.

“Saat ini Kami sedang melihat beberapa daerah yang tidak jauh dari desa tersebut apabila ada tanah Desa nanti Seperti apa aturannya kalau tidak ada nanti tanah masyarakat kita akan beli demi untuk menyelamatkan masyarakat,” tegas Karna Sobahi

Setelah melakukan pemantauan secara langsung di lokasi kejadian, bupati Majalengka mendapatkan beberapa daerah yang cukup parah sehingga ia berpendapat apabila warga harus secepatnya direlokasi dan ia pun tidak menyangka apabila musibah pergerakan tanah yang ada di beberapa titik di Kecamatan Lemahsugih langsung melebar ke beberapa desa lain sehingga hal ini sangat membahayakan untuk keselamatan masyarakat.

Seperti diketahui, apabila pada mulanya pergerakan tanah hanya terjadi di blok Lamelaut, desa mekarmulya namun sampai saat ini langsung menimpa beberapa desa lain seperti desa sinargalih sehingga akibat pergerakan tanah tersebut mengakibatkan beberapa ruas badan yang ada di Jalan Blok Cikupa Desa Cigaleuh,langsung retak sampai terbelah di beberapa bagian jalan.

Sampai berita ini diturunkan, dari pengakuan kepala pelaksana BPBD kabupaten Majalengka yaitu Agus Permana dirinya mengakui sudah melakukan pemetaan di beberapa desa yang nantinya akan diajukan relokasi di mana puluhan korban pergerakan tanah di Kecamatan Lemahsugih memang sudah seharusnya diperhatikan dan direkomendasikan untuk secepatnya direlokasi mengingat keamanan mereka sangatlah penting.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *