3 Fakta Unik Kabupaten Majalengka Yang Jarang Diketahui

  • Share
Fakta Unik Kabupaten Majalengka IGrsudcideres
Fakta Unik Kabupaten Majalengka IGrsudcideres

CIKIJING.COM – 3 Fakta Unik Kabupaten Majalengka Yang Jarang Diketahui Seperti diketahui apabila Kabupaten Majalengka di bulan Juni 2019 ini, sedang merayakan hari ulang tahun atau HUT Majalengka ke 529, sehingga pastinya bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Majalengka menjadi kebahagiaan tersendiri di mana pada ulang tahun kali ini, ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Majalengka untuk meramaikan hari jadi majalengka ke 529.

Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa fakta unik kabupaten Majalengka yang jarang sekali diketahui terutama masalah penetapan terkait hari jadi Kabupaten Majalengka yang terdapat dua versi. Selanjutnya ada beberapa fakta lain yang pastinya harus anda ketahui terutama bagi warga yang ada di Kabupaten Majalengka.

Pada tanggal 17 Juni 2019 yang lalu, pemkab Majalengka melakukan kegiatan pertamanya yaitu dengan menyelenggarakan rapat paripurna DPRD kabupaten Majalengka untuk rangkaian kegiatan Majalengka Expo yang sudah dibuka pada bulan Juni 2019 dan akan ditutup pada tanggal 3 Agustus 2019 yang akan datang.

Dalam kegiatan Majalengka Expo 2019 tersebut, banyak sekali rangkaian acara seperti pameran ekonomi kreatif, helaran festival budaya, sampai adanya acara wayang golek.

Fakta unik kabupaten Majalengka

Ada beberapa fakta unik terkait seputar kabupaten Majalengka yang menjadi salah satu kabupaten terbaik yang ada di Jawa Barat diantaranya adalah sebagai berikut.

HUT MAJALENGKA KE 529 IGifanhamdan
HUT MAJALENGKA KE 529 IGifanhamdan

1. Terdapat dua versi penetapan tanggal hari jadi Majalengka

Kabupaten Majalengka di bulan Juni 2019 Ini sudah memasuki hari jadi ke 529 yang biasa dirayakan pada tanggal 7 Juni 2019 yang lalu dan ternyata hal ini mendapatkan kontroversi dikarenakan tidak sesuai dengan fakta berdirinya kabupaten Majalengka.

Sobana Hardjasaputra salah seorang sejarawan senior fakultas sastra Unpad memberikan penjelasan apabila fakta dan moment sebetulnya terkait hari jadi Kabupaten Majalengka yang dahulunya bernama Kabupaten maja-tanah menjadi kabupaten Majalengka, atau adanya perubahan dari Sindangkasih menjadi Majalengka.

Banyak sekali versi terkait hari jadi Kabupaten Majalengka di mana salah satunya ditetapkan pada 7 Juni 1490 yang ditetapkan berdasarkan Sunan Gunung Jati menyuruh Pangeran Muhammad untuk mencari buah maja yang ada di daerah Kerajaan Sindangkasih yang saat itu ditemani istrinya Siti armilah, namun pada Babad Cirebon pangeran Muhammad lahir tahun 1483 sehingga dipastikan usianya baru 7 tahun, namun cerita ini pun mendapatkan kontroversi.

2. Arti nama Majalengka

Di dalam beberapa kisah pengambilan nama Majalengka mengacu pada sebuah ucapan yang dilontarkan oleh pangeran Muhammad yang saat itu berteriak “Maja e langka” yang mengandung arti buah maja tidak ada.

Akan tetapi dari beberapa kosakata, kata ‘langka’ mengandung arti pahit seperti yang tertera dalam naskah Negara kerta gama.

3. Helaran festival budaya diikuti 10 kabupaten kota dan menjadi yang pertama

Festival budaya dalam peringatan hari jadi Kabupaten Majalengka yang disebut dengan helaran festival budaya, ternyata menjadi yang pertama kalinya Karena diikuti oleh 10 kabupaten kota yang sudah berlangsung semenjak tanggal 22 Juni 2019 yang lalu dimana pada pagelaran ini menampilkan kesenian dari 10 kabupaten kota diantaranya adalah Cirebon, kabupaten Cirebon, kabupaten Kuningan, indramayu, dan beberapa kabupaten yang berdekatan dengan kabupaten Majalengka.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *